NEIK MABO

NEIK MABO
Foto kenangan bersama sahabat dekat karib yg adl Family Magayang Yurenus , dia juga adalah teman Sekolah sejak SMP s/d sekarang , dan sementara dia mengabdi mendidik adik2 di daerah SELA sebagai tenaga pengajar , satu kali kami bertemu bersama di Hollandia City & minta foto bersama untuk kenangan selama berpisah alamat , dia termasuk anak yg mandiri & pintar ; saya sudah lama mengenal dia . bahkan orangnya sangat teliti & prinsip . artinya apa yg dia rencana atau 7an yang dipikirkan selesaikan dulu , tidak mau kompromi dg urusan orang lain .

Minggu, 21 November 2010

FOTO PERLOMBAHAN.

NARASI :

Foto ini menjelaskan tentang tatanan kehidupan masyarakat setempat dan pola perkembangan saat ini di kabupaten Yahukimo Papua , tepat foto ini di pelabuhan Logpon kemudian manfaat dan dampak serta lingkungan hidup di kawasan terpencil tersebut , dan subjek utama dari foto ini ada 3 macam foto antara lain : Foto Pelabuhan Kapal Barang , Masyarakat , serta lingkungan hidup . dan saya memotret dari sisi journalism , tanggal pengambilan gambar ini 06 November 2010

Kapal muatan barang -+ 29 buah Mobil sekali angkutan , beras 3 ton . Pelabuhan ini bukan laut tapi sungai atau kali Braza , dibagian Gunung di sebut “Dahi” kemudian sebelah kali ada rumah adat masyarakat setempat yang asap naik .

Kapal ABADI ini sudah tua dan sangat membahayakan awak kapal ,saat ombak dan kali ini danggal bisa membahayakan . diatas kapal ada orang dewasa dan anak2 masuk lihat kemudian keluar , ada beberapa Kapal kecil lagi sandar disebelah mengangkut Bahan Makanan (BAMA) dari Merauke , dan Timika .

Tatanan Pola kehidupan Masyarakat di Kabupaten Yahukimo , foto ini menggambarkan perbedaan antara Masyarakat setempat atau pribumi yang kulitnya gelap dan kaskado, kemudian masyarakat di bagian Gunung kulitnya putih dan terang , kemudian orang diluar Papua yang juga adalah tinggal di kawasan pelabuhan .

Kedua Foto ini menggambarkan mengenai Lingkungan , yang ada di Kabupaten Yahukimo , disini orang sedang membuka jalan akhirnya menebang pohon yang ada di batang jalan atau rencana membangun penempatan jalan umum .

Kesimpulan :

Di Kabupaten Yahukimo merupakan parometer yang sebelumnya Kabupaten Induk Jayawijaya , namun tahun 2004 dimekarkan menjadi 4 Kabupaten baru antara lain : Tolikara , Yahukimo , Puncak Jaya dan Pegunungan Bintang . Lebihlanjut Kabupaten Yahukimo merupakan salah satu Kabupaten yang sangat minim dari semua aspek , dan keberadaan kabupaten pusat sentralnya di dataran rendah yakni Dekai . dan menjelaskan beberapa Foto di atas saya memilih untuk menjadi perlombahan yang menurut saya sangat berarti yang bisa menjelaskan dalam narasi ini . dari 2 hal dalam formulir yaitu Kesejahteraan Masyarakat dan Lingkungan Hidup . pada umumnya Pola Hidup Masyarakat setempatnya adalah berburuh mencari makan , karena menurut mereka Hutan Alam adalah Mama atau Ibu . Sedangkan setelah menempatkan Kabupaten disitu :

Manfaatnya adalah : Pemerintah terobosan membuka daerah yang terisolir dan masyarakat bisa mengenal dan tahu melalui sentuhan pembangunan dalam berbagai aspek .

Dampaknya : Merusakan lingkungan alam melalui pembangunan , contohnya bisa salah kebijakan Pemprov atau Pemda membuat tidak pas atau sasaran , kurang pengawasan dan sebagainya , pengaruh luar yang masuk tidak conec dengan pengetahuan masyarakat lokal akhirnya makin lama merusak dalam tatanan kehidupan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar